DESKRIPSI PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : VII/1
Pokok
Bahasan : PENGENALAN ILMU KIMIA, UNSUR SENYAWA CAMPURAN
Materi Pokok : Pengenalan Ilmu Kimia, dan Unsur,
Senyawa, Campuran
Pertemuan : 1 (Pertama)
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1.1 Mendeskripsikan ruang lingkup ilmu
kimia, manfaat mempelajari ilmu kimia dan pengantar ke laboratorium
1.2 Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar : 1.1.1 Untuk mengetahui dan memahami ruang lingkup
kimia,manfaat dari mempelajari ilmu kimia dan cara praktikum di laboratorium
1.2.1 Membedakan unsur, senyawa dan campuran
Indikator :
·
Menjelskan
ruang lingkup ilmu kimia
·
Mejelaskan
manfaat mempelajari ilmu kimia
·
Menjelaskan
cara sebelum dan sesudah memasuki laboratorium
·
Pengelompokkan
materi menjadi unsur, senyawa dan Campuran
·
Menjelaskan
pengertian unsur, senyawa dan campuran
·
Mengelompokkan
jenis Campuran dan memberikan contohnya
·
Membedakan
dan memberi contoh dari unsur, senyawa dan campuran
A. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat Mengetahui ruang lingkup
ilmu kimia
·
Siswa
dapat mengetahui dan memahami
manfaat mempelajari ilmu kimia
·
Siswa
dapat mengetahui cara sebelum dan
sesudah memasuki laboratorium
·
Siswa
Dapat mngelompokkan materi menjadi unsur, senyawa dan campuran
·
Siswa
dapat menjelaskan definisi unsur,
senyawa dan campuran
·
Siswa
dapat mengelompokkan jenis
campuran dan memberikan contohnya
·
Siswa
dapat membedakan dan memberikan
contoh dari unsur, senyawa dan campuran dalam kehidupan sehari-hari
B. Konsep Esensial
- Pengenalan ilmu
kimia
- Perbedaan
unsur, senyawa dan campuran
C. Strategi Pembelajaran
a. Model
Pembelajaran : Direct Instruction dan Kooperatif Learning
b. Pendekatan
Pembelajaran : Pemecahan Masalah
c. Metode
Pembelajaran : Ceramah,
Tanya Jawab, Diskusi Kelompok dan Demonstrasi
d. Sumber
Pembelajaran : Buku Paket Kimia
e. Media
Pembelajaran : Papan Tulis, Lembar Kerja Siswa
f. Hasil
Belajar : 1. Mengetahui pengertian, manfaat, dan Ruang lingkup dan Pemahaman Konsep Perbedaan unsur,senyawa dan campuran
2.
Pemahaman Konsep Perbedaan
unsur,senyawa dan campuran
D. Deskripsi Pembelajaran
Definisi Konsep
|
Indikator
|
Deskripsi Pembelajaran
|
KESULITAN SISWA
|
Pengenalan Ilmu Kimia
|
Ø Siswa diharapkan dapat Mengetahui ruang
lingkup kimia
Ø Siswa diharapkan dapat Mengetahui
manfaat dari ilmu kimia
Ø Siswa diharapkan dapat Mengetahui tentang
cara sebelum dan sesudah kelaboratorium
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran dengan langsung
beriteraksi dengan siswa :
a.
Mengucapkan
salam
b.
berdoa
c.
mengecek
kehadiran siswa
d.
apersepsi
dan contoh :
kalian pasti
pernah melihat atau sering sekali menggunakan seperti pasta gigi,diterjen dan
sampo. Nah, produk ini pastinya terbuat dari bahan apa? Yang pastinya produk
ini terbuat dari bahan-bahan kimia. Jadi hari ini kita akan mempelajari
tentang apa itu ilmu kimia atau mengenal apa itu ilmu kimia.
e.
Guru
menggali pengetahuan awal siswa mengenai materi pengenalan ilmu kimia dengan menanyakan:
-
Apa
pengertian dari ilmu pengetahuan alam ?
-
Manfaat
mempelajari ilmu pengetahuan alam ?
·
Siswa
diharapkan agar dapat tenang dan rapi ditempat duduknya masing – masing
·
Siswa
diharapkan bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
alian tentu
pernah mendengar istilah bahan kimia, industri kimia atau istilah lain yang
terkait dengan kata kimia, bukan ? Sering kali istilah “kimia” dikaitkan
dengan sesuatau ang kurang bersahabat, atau sesutau ang bersifat racun.
Benarkah kimia hanya seperti itu ? tentu saja tidak. Memang benar, ada bahan
kimia yang bersifat racun atau berbahaya. Akan tetapi, cobalah bayangkan
bagaimana kehidupan kita tanpa sabun, tanpa pasta gigi, tanpa obat-obatan,tanpa
bahan tekstil, dan tanpa pestisida ?
tentu tidak mungkin.
Ilmu kimia pada
dasarnya sangatlah berjasa dalam meningkatkan taraf hidup manusia. boleh
dikatakan kita sangat dimanjakan oleh
para ahli kimia melalui berbagai penemuannya.
·
Siswa
diharapkan dapat tenang mendengarkan penjelasan dari guru
·
Siswa
mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan
·
Untuk
dapat menjawab pertanyaan tersebut siswa bisa melihat di buku paket
·
Siswa
belajar dengan panduan buku
paket dan bimbingan guru
·
Siswa
bisa bertanya tentang hal-hal yang kurang jelas berkaitan dengan materi yang
disampaikan tadi
2. Penjelasan
·
guru
menginformasikan kegiatan pembelajaran tentang materi pengenalan ilmu kimia
·
guru
menjelaskan ruang lingkup dari ilmu
kimia
·
guru
menjelaskan pengertian dari ilmu kimia
·
guru
menjelaskan bahwa ilmu kimia termasuk ilmu pengetahuan alam
·
guru
menjelaskan bahwa ilmu kimia mepelajari susunan,struktur dan sifat-sifat
materi
-
positif
dan contohnya
-
negatif
dan contohnya
-
positif
-
negatif
-
persiapan
-
mempelajari
materi praktikum
-
hal-hal
yang perlu diperlu di perhatikan selama di laboratorium
-
beberapa
petunjuk dan larangan
-
simbol-simbol
zat kimia berbahaya
-
apa ada
yang ingin ditanyakan ?
-
apa ada
materi yang belum paham ?
3.Aplikasi
·
Siswa
mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam buku paket,
Kegiatan Penutup
·
Guru
meninjau kembali seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan.
-
apa ada
yang ingin ditanyakan ?
-
apa ada
materi yang belum paham ?
·
siswa
diminta untuk mengulangi atau menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
guru
memberikan latihan atau tugas kepada siswa yang harus dikerjakan di rumah
·
guru
memberitau kepada siswa tentang materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
·
guru
memberikan motivasi belajar bagi siswa :
-
jangan
lupa memebaca materi yang kan dibahas selanjutnya
-
kerjakan
PR kalian jangan menyontek
-
teruslah
belajar
·
Siswa
diharapkan dapat mengulangai atau menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Siswa
diharapkan dapat mencatat setiap tugas yang diberikan oleh guru
·
Siswa diharapkan
dapat mempelajari terlebih dahulu materi yang akan di bahas pada pertemuan
berikutnya di rumah
·
Siswa
diharapkan dapat termotivasi untuk dapat terus belajar setelah mendapatkan
motivasi dari guru
|
|
Unsur,
Senyawa Dan campuran
|
·
Siswa
dapat Mengelompokkan materi menjadi unsur, senyawa dan Campuran
·
Siswa
dapat Menjelaskan pengertian unsur, senyawa dan campuran
·
Siswa
dapat Mengelompokkan jenis Campuran dan memberikan contohnya
·
Siswa
dapat Membedakan dan memberi contoh dari unsur, senyawa dan campuran
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
menggali pengetahuan awal siswa mengenai konsep unsure, senyawa dan campuran
dengan menanyakan:
a.
Definisi
materi
b.
Penggolongan
Materi
c.
Definisi
Unsur dan Menyebutkan contoh unsur
d.
Definisi
Senyawa dan contoh senyawa
e.
Definisi
Campuran, jenis campuran beserta contohnya
f.
Menjelaskan
perbedaan unsur, senyawa dan Campuran
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Apakah kalian tahu perbedaan air aqua dengan Air
Gula? Ya. Apakah kedua zat tersebut tersusun dari unsur-unsur yang sama?
Tidak, Ya benar kedua zat tersebut tersusun atas materi yang berbeda. Materi
sebagai segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Terdapat 3
jenis materi yaitu unsur, senyawa dan campuran.
Diskusi Kelompok
Guru Membimbing siswa dalam dalam pembentukan
kelompok. Satu kelompok terdiri dari dari 6 orang dari jumlah 30 siswa
dikelas. Dalam kelompoknya siswa
mendiskusikan apa pengertian unsur, senyawa dan campuran berdasarkan
contoh dari masing-masing unsure, senyawa dan campuran?
Contoh yang telah diberikan kepada siswa seperti
air sebagai contoh senyawa , air pasir sebagai campuran , besi sebagai
unsure. Berdasarkan gambaran contoh kelompok diharapkan mendiskusikan
pengertian unsure, senyawa dan campuran
Siswa diberikan Contoh antara air gula dengan
air pasir. Dan air gula sebagai campuran homogen sedangkan air pasir sebagai
campuran suspensi. Sehingga siswa dengan kelompoknya juga mendiskusikan apa
perbedaan campuran homogen dan heterogen?
Siswa
dengan kelompoknya dalam waktu 10 menit mempresentasikan hasil diskusi
tersebut. Dan Guru memberi tanggapan dari jawaban peserta didik dan memberikan penjelasan /
jawaban yang benar.
Menhhasilkan Diskusi sebagai berikut:
1.
Unsur
adalah materi yang paling
sederhana yang terbentuk dari
atom.
2.
Senyawa
adalah materi yang tersusun dari beberapa jenis unsur.
3.
Campuran
adalah materi yang tersusun dari beberapa komponen zat yang berbeda.
Jenis Campuran
Ø Larutan
Adalah Campuran yang tidak dapat dibedakan lagi
antara pelarut dan Zat terlarut.
Contoh: Air dan Gula, Air dan Garam
Ø Suspensi
Adalah Campuran yang dapat dibedakan antara zat
pelarut dengan pelarutnya.
Contoh:air dengan pasir
Ø Koloid
Adalah Campuran yang terdiri dari fase
terdispersi (zat terlarut) dan medium pendispersi (pelarut)
Contoh: Air Tepung, Air sebagai medium
pendispersi sedangkan tepung sebagai fase terdispersi
1.
Perbedaan
Campuran dengan senyawa
a.
Campuran
·
Komponen
penyusunnya tetap
·
Tidak
menghasilkan zat baru
·
Terdiri
dari 2 atau lebih zat
·
Dibuat
tanpa reaksi kimia
·
Sifat
penyusunnya Tetap
b.
Senyawa
·
Komponen
penyusunnya berubah
·
Menghasilkan
zat baru
·
Dibuat
dengan reaksi kimia
·
Terdiri
dari satu jenis zat
·
Sifat
Penyusunnya berubah
3. Aplikasi
·
Siswa
mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam LKS, yaitu memberikan
empat contoh lain dari unsur, senyawa
dan campuran serta penggolongan campuran.
Kegiatan Penutup
·
Guru
meninjau kembali seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan
·
Guru
memberikan kesimpulan tentang materi tersebut
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa
pertanyaan
|
No comments:
Post a Comment