1.
Berikut pernyataan yang benar mengenai indeks keterlibatan siswa,
kecuali :
A.
apabila
indeks keterlibatan siswa jauh di bawah 0,4, maka buku tersebut bersifat
otoriter sehingga sedikit sekali tantangan bagi siswa.
B. bila indeks keterlibatan siswa jauh di atas 1,5, maka buku
tersebut terutama hanya berisi pertanyaan-pertanyaan, sehingga siswa mendapat
data dan informasi yang kurang memadai untuk melakukan atau mempelajari
sesuatu.
C. apabila pembilang mempunyai harga 0, berarti bahwa setiap
pertanyaan dan gambar memerlukan analisis.
D. Bila penyebut pada rumus keterlibatan siswa mempunyai harga
0, maka berarti bahwa siswa tidak ikut terlibat secara aktif
2.
Berikut
criteria cara penilaian buku teks, kecuali
A. Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi siswa
B. Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para
siswa.
C. Buku teks tak harus berkaitan erat dengan pelajaran-pelajaran
yang lain namun mengacu pada bidang yang berkaitan dengan buku teks saja
D. Buku teks haruslah sadar dan tegas menghindari konsep-konsep
yang samar-samar.
3.
buku teks adalah buku acuan wajib
untuk digunakan di Sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka
peningkatan hal berikut kecuali
A.
keimanan dan ketakwaan,
B.
budi pekerti dan kepribadian,
C. kepekaan dan
kemampuan estetis,
D. potensi psikis
dan kesehatan
4. Komponen yang harus dipenuhi untuk buku teks yang berkualitas
ada beberapa kriteria salah satunya berdasarkan pendapat Greene dan Petty yaitu
A.
10 kriteria buku teks yang berkualitas
B.
9 kriteria buku teks yang berkualitas
C.
5 kriteria buku teks yang berkualitas
D.
6 kriteria buku teks yang berkualitas
5. Salah satu cara agar kita mengetahui sejauh
mana kualitas buku teks yang kita pakai adalah …… dari buku teks
A.
Definisi
B.
Peranan
C.
Criteria
D.
Cara menganalisis
6. a-bacalah sekelompok kalimat yang terdapat
pada halaman yang dipilih
b-mulailah dengan suatu paragraph baru pada
halaman yang diperiksa dan lanjutkan ke halaman yang berikutnya
c-sesuaikan setiap kalimat sesuai dengan
kategori
d-tentukan 10 hal atau lebih dari sebuah buku
teks yang akan dianalisis
urutan analisis teks yang baik adalah
A.
a-b-c-d
B.
d-a-b-c
C.
c-d-a-b
D.
b-c-d-a
7. pernyataan sederhana mengenai suatu data atau
hasil observasi orang lain (bukan siswa) merupakan pernyataan
A.
kesimpulan
B.
generalisasi
C.
rumusan
D.
fakta
8. yang bukan termasuk criteria cara penilaian
buku teks adalah
A.
harus menarik minat anak-anak
B.
harus mampu memberi motivasi siswa
C.
tidak boleh dipertimbagkan aspek linguistic
9. Buku teks adalah
buku acuan wajib untuk digunakan di Sekolah yang memuat materi pembelajaran
dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian,
kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan
estetis, serta potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar
nasional pendidikan.
Pengertian
buku teks di atas adalah pengertian menurut....
a. Muslich, 2010:
50
b. Greene dan Petty
c. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005
d. Tarigan, 1986:
13
10. Salah satu cara penilain
buku teks adalah sebagai berikut kecuali....
a.
Buku teks itu haruslah menarik minat anak-anak
b.
Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi siswa
c.
Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa.
d.
Buku teks haruslah berfungsi sebagai ilustrasi saja
11. Analisis buku teks
meliputi 3 bagian berikut , kecuali....
a.
Analisis buku teks atau naskah
b.
Analisis gambar dan diagram yang terdapat pada teks
c.
Analisis pertanyaan pada akhir suatu bagian teks dan akhir pasal
d.
Analisis soal-soal pada teks
12. Bacalah sekelompok kalimat yang terdiri dari 25
buah kalimat yang terdapat pada halaman yang telah dipilih (judul, keterangan
gambar, pertanyaan, rangkuman, pendahuluan pasal, tidak dapat dimasukkan ke
dalam kelompok kalimat tersebut).
Cara diatas merupakan salah satu analisis
dalam....
a.
Analisi teks atau naskah
b.
Analisis gambar
c.
Analisis pertanyaan
d.
Analisis penilaian
13. Buku teks
adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar,
yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional,
yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami
oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat
menunjang sesuatu program pengajaran.
Pengertian
buku teks diatas adalah pengertian menurut....
a.
Muslich, 2010: 50
b. Greene dan Petty
c. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005
d. Tarigan, 1986:
13
14.
Salah satu cara agar kita mengetahui kualitas buku teks yang kita pakai
pada system pembelajaran merupakan…
a. Analisis buku tulis
b. Analisis buku teks
c. Analisis buku panduan
d. Analisis buku catatan
15.
Dibawah ini peranan buku teks, kecuali…
a. Sebagai bahan acuan
pembelajaran
b. Sebagai sarana belajar
siswa
c. Membantu siswa untuk
membaca materi yang akan mereka pelajari
d. Membantu siswa untuk
memahami materi yang akan mereka pelajari dengan membaca
16. Buku teks haruslah … agar
merangsang minat siswa untuk termotivasi belajar.
a.
Mahal
b.
Menarik
c.
Berkualitas
d.
Bagus
17. Perhatikan cara analisis
buku teks berikut !
1)
Mulailah dengan satu paragraph baru pada halaman yang diperiksa dan
apabila halaman yang dipilih secara acak mengandung kurang dari 25 buah dapat
dilanjutkan pada halaman berikutnya
2)
Bacalah sekelompok kalimat yang terdiri dari 25 buah kalimat yang
terdapat pada halaman yang telah dipilih
3)
Secara acak, tentukan sepuluh halaman atau lebih dari sebuah yang akan
dianalisis
4)
Kemudian sesuaikan setiap kalimat yang terdapat dalam kelompok kalimat
contoh dengan kategorinya
Urutan yang benar dari cara
menganalisis buku teks diatas adalah…
a.
2-3-4-1
b.
4-3-1-2
c.
3-2-1-4
d.
1-2-3-4
18. Perhatikan cara analisis
gambar dan diagram yang terdapat dalam teks !
1) Analisis setiap gambar atau
diagram
2) Kemudian jodohkan gambar
atau diagram dengan kategori – kategori
yang yang ada
3) Pilihlah secara acak
sepuluh buah gambar atau diagram dalam sebuah buku
Urutan yang benar dari cara
menganalisis gambar dan diagram yang terdapat dalam teks adalah…
a. 1-2-3
b. 3-2-1
c. 2-1-3
d. 3-1-2
19. Di bawah ini yang merupakan
kategori pertanyaan pada akhir suatu bagian teks dan akhir pasal kecuali…
a. Pertanyaan yang
mengharapkan siswa tidak dapat memecahkan masalah analisis pertanyaan pada
akhir suatu bagian teks dan akhir pasal
b. Pertanyaan definisi
c. Jawaban pertanyaan yang
terdapat dalam teks
d. Pertanyaan yang menuntut
agar siswa mempergunakan pengetahuan dari pasal bersangkutan untuk situasi baru
20. Kategori yang mengharapkan
siswa dapat memecahkan masalah analisis pertanyaan pada akhir suatu bagian teks
dan akhir pasal termasuk analisis…
a. Analisis gambar atau
diagram
b. Analisis pertanyaan pada
awal suatu bagian teks dan awal pasal
c. Analisis pertanyaan pada
akhir suatu bagian teks dan akhir pasal
d. Analisis buku teks atau
naskah
21. Dibawah ini yang tidak
termasuk kriteria cara penilaian buku teks adalah…
a. Buku teks itu haruslah
menarik minat anal – anak
b. Buku teks itu haruslah
mampu memberi motivasi siswa
c. Buku teks itu haruslah
memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa
d. Buku teks itu haruslah
sadar dan tegas dengan konsep yang samar – samar
22. Buku teks dapat menstimulasi atau merangsang aktivitas pribadi para
siswa, merupakan ciri – ciri ?
a.
Kriteria Cara
Penilaian Buku Teks
b. Analisis Gambar
c. Analisis ilustrasi
d. Analisis diagram
e. Kriteria penilaian Gambar pada buku teks
23. Pertanyaan sederhana mengenai suatu data atau hasil observasi orang lain
(bukan siswa), disebut ?
a. Pernyataan fakta
b. Definisi
c. Pernyataan opini
d. Buku
e. Teks
24. Salah satu cara agar kita dapat mengetahui
sejauh mana kualitas buku teks yang kita pakai pada sistem pembelajaran yaitu
merupakan salah satu pengertian dari...?
a.
Analisi buku teks
b.
Pedoman buku teks
c.
abstrak
d.
jurnal
25. “a book giving instruction
in a subject used especially in schools” adalah peryataan dari crowther yang merupakan penjelasan dari....
a. Textbook
b. Jurnal
c. Skripsi
d. abstrak
1c,2c,3d,4a,5a,6b,7d,8c
9 c, 10 d,
11d,12a,13d,14b,15c,16b,17c,18d,19a,20c,21d
22a,23a,24a,25a
No comments:
Post a Comment