ALAT PENILAIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(APPP-
1)
NAMA MAHASISWA: DodySetiawan
NIM MAHASISWA : 1205025003
PROGRAM STUDI :Pendidikan
Kimia
NAMA SEKOLAH
:-
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir
perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3,
4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut:
1 = Sangat tidak baik
2 = Tidak baik
3 = Kurang baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
||||
1
|
Kejelasan perumusan tujuan pembelajarn (tidak menimbulkan
penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan
karakteristik peserta didik)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika
materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Pemilihan sumber media pembelajaran (sesuai dengan tujuan,
materi dan karakteristik peserta didik)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
5
|
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan
pembelajaran awal, inti dan penutup)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin
strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
7
|
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Total Skor Perolehan
|
|
|
|
|
|
Samarinda,18 Februari 2015
DosenPenguji Mahasiswa
NurulKasyifta,
S.Pd.,M.Pd., M.Sc. DodySetiawan
NIP. 19801111 200604 2 001 NIM. 1205025003
N =
=
ALAT PENILAIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(APPP-
2)
NAMA MAHASISWA: DodySetiawan
NIM MAHASISWA : 1205025003
PROGRAM STUDI :Pendidikan
Kimia
NAMA
SEKOLAH :-
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir
perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3,
4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut:
1 = Sangat tidak baik
2 = Tidak baik
3 = Kurang baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
NO
|
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
||||
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
|||||
1
|
Mempersiapkan siswa untuk belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
Melakukan kegiatan apersepsi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||||||
II
|
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN
|
|||||
|
Penguasaan Materi
Pelajaran
|
|||||
3
|
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
5
|
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki
belajar dan karakteristik siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||||||
|
Pendekatan/strategi
pembelajaran
|
|||||
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan)
yang akan dicapai dan karakteristik siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
9
|
Menguasai kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
10
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat konstekstual
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
11
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya
kebiasaan positif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
12
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||||||
|
Pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran
|
|||||
13
|
Menggunakan media secara efektif dan efisien
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
14
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
15
|
Melibatlkan siswa dalam pemanfaatan media
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||||||
|
Pembelajaran yang
memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|||||
16
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
17
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
18
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
NO
|
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
||||
|
Penilaian proses dan
hasil belajar
|
|||||
19
|
Memantau kemajuan belajar selama proses
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
20
|
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||||||
|
Penggunaan Bahasa
|
|||||
21
|
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan
benar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
22
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
||||||
III
|
Penutup
|
|||||
23
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan
siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
24
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau
kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Total Skor Perolehan
|
|
|
|
|
|
Samarinda,18 Februari 2015
DosenPenguji Mahasiswa
NurulKasyifta,
S.Pd.,M.Pd., M.Sc. DodySetiawan
NIP. 19801111 200604 2 001 NIM. 1205025003
No comments:
Post a Comment