contoh alat penilaian perencanaan pembelajaran (APPP-1) - Articel Iftah Al-Muttaqin

Saturday, October 17, 2015

contoh alat penilaian perencanaan pembelajaran (APPP-1)



ALAT PENILAIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(APPP- 1)
NAMA MAHASISWA: DodySetiawan
NIM MAHASISWA   :  1205025003
PROGRAM STUDI    :Pendidikan Kimia
NAMA SEKOLAH     :-
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut:
1 = Sangat tidak baik
2 = Tidak baik
3 = Kurang baik
4 = Baik
5 = Sangat baik

NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Kejelasan perumusan tujuan pembelajarn (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
1
2
3
4
5
2
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
1
2
3
4
5
3
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
1
2
3
4
5
4
Pemilihan sumber media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik)
1
2
3
4
5
5
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran awal, inti dan penutup)
1
2
3
4
5
6
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
1
2
3
4
5
7
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
5
8
Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
1
2
3
4
5
Total Skor Perolehan






Samarinda,18 Februari 2015
DosenPenguji                                                                                                   Mahasiswa




NurulKasyifta, S.Pd.,M.Pd., M.Sc.                                                        DodySetiawan
NIP. 19801111 200604 2 001                                                                              NIM. 1205025003

N =  =



ALAT PENILAIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(APPP- 2)

NAMA MAHASISWA: DodySetiawan
NIM MAHASISWA   :  1205025003
PROGRAM STUDI    :Pendidikan Kimia
NAMA SEKOLAH     :-
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut:

1 = Sangat tidak baik
2 = Tidak baik
3 = Kurang baik
4 = Baik
5 = Sangat baik

NO
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRAPEMBELAJARAN
1
Mempersiapkan siswa untuk belajar
1
2
3
4
5
2
Melakukan kegiatan apersepsi      
1
2
3
4
5

II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

Penguasaan Materi Pelajaran
3
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1
2
3
4
5
4
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1
2
3
4
5
5
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
1
2
3
4
5
6
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1
2
3
4
5


Pendekatan/strategi pembelajaran
7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
1
2
3
4
5
8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1
2
3
4
5
9
Menguasai kelas
1
2
3
4
5
10
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat konstekstual
1
2
3
4
5
11
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1
2
3
4
5
12
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1
2
3
4
5


Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
13
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1
2
3
4
5
14
Menghasilkan pesan yang menarik
1
2
3
4
5
15
Melibatlkan siswa dalam pemanfaatan media
1
2
3
4
5


Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1
2
3
4
5
17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
1
2
3
4
5
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
1
2
3
4
5
NO
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
SKOR

Penilaian proses dan hasil belajar
19
Memantau kemajuan belajar selama proses
1
2
3
4
5
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1
2
3
4
5


Penggunaan Bahasa
21
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
1
2
3
4
5
22
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1
2
3
4
5

III
Penutup
23
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1
2
3
4
5
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
1
2
3
4
5
Total Skor Perolehan







Samarinda,18 Februari 2015
DosenPenguji                                                                                                   Mahasiswa




NurulKasyifta, S.Pd.,M.Pd., M.Sc.                                                        DodySetiawan
NIP. 19801111 200604 2 001                                                                              NIM. 1205025003

N =  =

No comments:

Post a Comment