1.4.1 DESKRIPSI PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI/2
Pokok
Bahasan : Larutan Penyangga
Materi
Pokok : Membedakan pH Larutan Penyangga
dan
Larutan bukan penyangga
Pertemuan : 1 (Pertama)
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mendeskripsikan
sifat larutan, metode pengukuran serta terapannya
Kompetensi Dasar : 4.5 Menyelidiki
sifat larutan penyangga dan menerapkannya untuk menjelaskan peranan larutan
Penyangga
dalam tubuh makhluk hidup dan kehidupan sehari-hari
Indikator
·
Mengukur pH berbagai macam larutan
·
Menyelidiki ada tidaknya perubahan pH pada penambahan
sedikit asam, sedikit basa atau pengenceran terhadap berbagai larutan
·
Mengelompokkan beberapa larutan ke dalam larutan
penyangga dan larutan bukan penyangga
A. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat mengukur pH berbagai macam larutan
·
Siswa dapat menyelidiki ada tidaknya perubahan pH pada
penambahan sedikit asam, sedikit basa atau pengenceran terhadap berbagai
larutan
·
Siswa dapat mengelompokkan beberapa larutan ke dalam
larutan penyangga dan larutan bukan penyangga
B. Konsep Esensial
- Sifat
Larutan Penyangga
C. Strategi
Pembelajaran
a. Model Pembelajaran : Siklus
Belajar Empiris Induktif
b. Pendekatan Pembelajaran : Pemecahan
Masalah
c. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab,
Eksperimen, Diskusi, dan Presentasi Kelompok
d. Sumber Pembelajaran : Buku Paket Kimia
e. Media Pembelajaran : Papan Tulis,
Lembar Kerja Siswa, Alat dan Bahan Eksperimen
f. Hasil Belajar : Pemahaman
Konsep Sifat Larutan Penyangga
D. Deskripsi Pembelajaran
Definisi Konsep
|
Indikator
|
Indikator
Pemecahan Masalah
|
Indikator
Keterampilan Berpikir Kritis
|
Deskripsi Pembelajaran
|
|
· Siswa dapat mengukur pH berbagai macam larutan.
· Siswa dapat menyelidiki ada tidaknya perubahan pH pada penambahan sedikit
asam, sedikit basa atau pengenceran terhadap berbagai larutan
· Siswa dapat mengelompokkan beberapa larutan ke dalam larutan penyangga
dan larutan bukan penyangga
|
Berhadapan Dengan Masalah
Pengumpulan Data Dalam
Eksperimen
Merumuskan Penjelasan
Menganalisis Hasil Temuan
|
Memberikan Penjelasan
Sederhana.
Memfokuskan pertanyaan
1.b Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan
jawaban yang mungkin.
Memberikan Penjelasan
Sederhana.
Memfokuskan Pertanyaan.
1.b Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan
jawaban yang mungkin.
Mengatur Strategi dan Taktik
Menentukan Tindakan
11.a Mendefinisikan Masalah
Memberikan Penjelasan
Sederhana.
Memfokuskan Pertanyaan.
1.b Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan
jawaban yang mungkin.
Membangun Keterampilan Dasar
·
Mengobservasi dan
mempertimbangkan Hasil Observasi
Menyimpulkan
·
Membuat Induksi dan
Mempertimbangkan Hasil Induksi
Mengatur Strategi dan Taktik
·
Memutuskan Suatu Tindakan
·
Berinteraksi Dengan Orang
Lain
Memberikan Penjelasan
Sederhana
Menganalisis Argumen
2.d Mencari Persamaan dan
Perbedaan
Menyimpulkan
Membuat Induksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi
7.b Mengemukakan Kesimpulan
Yang Masuk Akal/Diharapkan
Mengatur Strategi dan Taktik
Berinteraksi Dengan Orang Lain
12.d Mengemukakan Suatu Sikap
Secara Lisan Atau Tulisan
Menyimpulkan
Membuat Induksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi
7.b Mengemukakan Kesimpulan
Yang Masuk Akal/Diharapkan
Memberikan Penjelasan
Sederhana.
Memfokuskan Pertanyaan.
1.b Mengidentifikasi atau
Merumuskan Pertanyaan
Menyimpulkan
Membuat dan Mempertimbangkan Nilai Suatu Keputusan
8.c Penerapan Prinsip-Prinsip
|
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru menggali pengetahuan
awal siswa mengenai konsep asam, basa, dan indikator asam-basa dengan
menanyakan:
a.
Definisi asam dan basa
b.
Dasar penggolongan dari asam
dan basa
c.
Definisi garam
d.
Menyebutkan contoh-contoh
garam
e.
Menjelaskan tentang garam
f.
Menjelaskan pengaruh
penambahan sedikit asam dan sedikit basa ke dalam air yang bersifat netral
g.
Adakah larutan yang pH-nya
tidak berubah jika ditambahkan sedikit asam atau sedikit basa
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
Perhatikan bangunan di
sekeliling kita! Mengapa bangunan tersebut dapat berdiri dan bertahan pada
posisinya? Kalian pasti tahu, hal itu dikarenakan adanya tiang-tiang penahan
yang menahan gedung agar tetap pada posisinya. Tiang-tiang itu berfungsi
sebagai penahan atau dengan kata
lain sebagai penyangga, sehingga
gedung-gedung itu tetap berdiri dengan kokoh.
Selain itu, dalam kehidupan
sehari-hari perubahan pH dalam suatu sistem seringkali memberikan dampak yang
tidak diinginkan. Sebagai contoh, jika jus lemon ditambahkan ke dalam susu.
Susu akan menggumpal karena terjadi perubahan pH. Maka diperlukan suatu sistem penyangga yang dapat
mempertahankan pH, dengan menggunakan suatu larutan penyangga. Bagaimana kalian dapat membedakan antara
larutan penyangga dengan larutan bukan penyangga?
·
Siswa mengidentifikasi
pertanyaan yang diajukan.
·
Untuk dapat menjawab
pertanyaan tersebut siswa melakukan percobaan.
·
Siswa membentuk kelompok
praktikum (4 orang perkelompok), dan siswa yang pandai disebar pada tiap
kelompok. Agar diskusi berjalan
efektif diharapkan semua anggota kelompok dapat aktif.
·
Siswa belajar dengan panduan
LKS dan bimbingan guru.
·
Siswa bertanya tentang
hal-hal yang kurang jelas berkaitan dengan praktikum yang akan dilakukan.
·
Siswa dihadapkan pada 5 macam
larutan yang akan diukur pH-nya diamati dari perubahan warna yang terjadi
pada indikator universal, dan diuji sifatnya dengan ditambahkan sedikit asam,
sedikit basa, dan pengenceran.
a.
Apakah semua larutan mampu
mempertahankan pH larutannya?
b. Jika tidak, larutan mana yang mampu mempertahankan pH larutannya?
c.
Larutan yang bagaimana pula
yang tidak dapat mempertahankan pH larutannya?
·
Siswa melakukan penyelidikan
awal dengan mengukur pH awal dari kelima larutan yang akan diuji.
·
Siswa melakukan penyelidikan lebih
lanjut dengan mengukur pH kelima larutan tersebut setelah ditambahkan sedikit
asam, sedikit basa, dan pengenceran.
·
Siswa mengumpulkan data yang
diperoleh selama praktikum dengan mencatatnya dalam tabel LKS dengan jujur
dan sesuai dengan pengamatan (apa adanya).
·
Siswa melakukan diskusi dalam
kelompok praktikumnya untuk menginterpretasikan data dan merumuskan
penjelasan.
·
Siswa dapat mengajukan
pertanyaan selama praktikum.
·
Guru menjawab pertanyaan
siswa sesuai istilah yang dikemukakan oleh siswa. Bila siswa mengalami
kesulitan, guru tidak langsung memberikan pengarahan, namun membuat
pertanyaan perangsang yang mengarah pada tujuan percobaan.
2.
Penemuan Konsep
·
Siswa melakukan diskusi dalam
kelompok praktikumnya untuk menginterpretasikan data dan merumuskan penjelasan.
·
Guru membimbing siswa
mengkorelasikan penemuan-penemuan ke dalam suatu penjelasan pernyataan
sebagaimana disampaikan dalam LKS.
·
Siswa membuat grafik pH
terhadap setiap larutan yang diselidiki untuk menginterpretasikan data yang
diperolehnya.
·
Siswa merumuskan penjelasan
dari kecenderungan pola grafik yang ditemukannya.
·
Siswa menganalisis hasil
temuan mereka dengan membandingkan harga pH larutan sebelum dan setelah
penambahan sedikit asam, sedikit basa, dan pengenceran.
·
Siswa mengelompokkan larutan-larutan
yang termasuk larutan penyangga dan larutan bukan penyangga.
·
Siswa membuat kesimpulan berdasarkan
hasil percobaan yang telah dilakukannya.
·
Setiap ketua kelompok secara
bergantian mempresentasikan hasil percobaannya di depan kelas.
·
Guru bersama-sama siswa
menganalisis hasil temuan kelas dan memperkenalkan konsep larutan penyangga.
·
Guru membimbing siswa untuk
menyimpulkan pengertian larutan penyangga berdasarkan hasil pengukuran pH
larutan penyangga dan larutan bukan penyangga.
·
Guru mempertegas kembali pengertian
larutan penyangga yang telah disimpulkan oleh siswa.
Larutan penyangga adalah suatu larutan yang mampu mempertahankan
(menyangga) pH sistem pada kisarannya apabila terjadi penambahan sedikit
asam, penambahan sedikit basa, atau terjadi pengenceran.
·
Siswa mengajukan
pertanyaan-pertanyaan produktif terkait dengan hasil yang mereka dapatkan.
3.
Aplikasi
·
Siswa mengerjakan soal-soal
latihan yang terdapat dalam LKS, yaitu memberikan lima contoh lain dari
larutan penyangga selain yang telah ditemukan dari praktikum, dan
memperkirakan bagaimana sifat larutan penyangga tersebut.
Kegiatan Penutup
·
Guru meninjau kembali seluruh
proses pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Guru mengumumkan, bahwa siswa
membuat laporan praktikum kelompok dengan tulis tangan dan dikumpulkan pada
pertemuan berikutnya.
|
No comments:
Post a Comment