RPP LARUTAN PENYANGGA - Articel Iftah Al-Muttaqin

Thursday, October 13, 2016

RPP LARUTAN PENYANGGA



1.4.1 DESKRIPSI PEMBELAJARAN
                                                                                              Satuan Pendidikan       :     SMA
                                                                                              Mata Pelajaran             :     KIMIA
                                                                                              Kelas/Semester            :     XI/2
                                                                                              Pokok Bahasan            :     Larutan Penyangga
                                                                                              Materi Pokok                :     Membedakan pH Larutan Penyangga
                                                                                                                                        dan Larutan bukan penyangga
                                                                                              Pertemuan                   :     1 (Pertama)
                                                                                              Alokasi Waktu              :     2 x 45 menit

Standar Kompetensi          :       4.     Mendeskripsikan sifat larutan, metode pengukuran serta terapannya
Kompetensi Dasar             :       4.5    Menyelidiki sifat larutan penyangga dan menerapkannya untuk menjelaskan peranan larutan
                                                          Penyangga dalam tubuh makhluk hidup dan kehidupan sehari-hari
Indikator
·             Mengukur pH berbagai macam larutan
·             Menyelidiki ada tidaknya perubahan pH pada penambahan sedikit asam, sedikit basa atau pengenceran terhadap berbagai larutan
·             Mengelompokkan beberapa larutan ke dalam larutan penyangga dan larutan bukan penyangga


A.   Tujuan Pembelajaran
·             Siswa dapat mengukur pH berbagai macam larutan
·             Siswa dapat menyelidiki ada tidaknya perubahan pH pada penambahan sedikit asam, sedikit basa atau pengenceran terhadap berbagai larutan
·             Siswa dapat mengelompokkan beberapa larutan ke dalam larutan penyangga dan larutan bukan penyangga

B.   Konsep Esensial
-     Sifat Larutan Penyangga




C.   Strategi Pembelajaran
a.   Model Pembelajaran               :   Siklus Belajar Empiris Induktif
b.   Pendekatan Pembelajaran      :   Pemecahan Masalah
c.   Metode Pembelajaran             :   Tanya Jawab, Eksperimen, Diskusi, dan Presentasi Kelompok
d.   Sumber Pembelajaran            :   Buku Paket Kimia
e.   Media Pembelajaran               :   Papan Tulis, Lembar Kerja Siswa, Alat dan Bahan Eksperimen
f.    Hasil Belajar                          :   Pemahaman Konsep Sifat Larutan Penyangga

D.   Deskripsi Pembelajaran
Definisi Konsep
Indikator
Indikator
Pemecahan Masalah
Indikator
Keterampilan Berpikir Kritis
Deskripsi Pembelajaran



















































·     Siswa dapat mengukur pH berbagai macam larutan.
·     Siswa dapat menyelidiki ada tidaknya perubahan pH pada penambahan sedikit asam, sedikit basa atau pengenceran terhadap berbagai larutan






















·     Siswa dapat mengelompokkan beberapa larutan ke dalam larutan penyangga dan larutan bukan penyangga
















Berhadapan Dengan Masalah

































Pengumpulan Data Dalam Eksperimen














Merumuskan Penjelasan








Menganalisis Hasil Temuan


Memberikan Penjelasan Sederhana.
Memfokuskan pertanyaan
1.b Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan jawaban yang mungkin.







Memberikan Penjelasan Sederhana.
Memfokuskan Pertanyaan.
1.b Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan jawaban yang mungkin.





Mengatur Strategi dan Taktik
Menentukan Tindakan
11.a Mendefinisikan Masalah












Memberikan Penjelasan Sederhana.
Memfokuskan Pertanyaan.
1.b Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan jawaban yang mungkin.

Membangun Keterampilan Dasar
·         Mengobservasi dan mempertimbangkan Hasil Observasi











Menyimpulkan
·         Membuat Induksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi





Mengatur Strategi dan Taktik
·         Memutuskan Suatu Tindakan
·         Berinteraksi Dengan Orang Lain

Memberikan Penjelasan Sederhana
Menganalisis Argumen
2.d Mencari Persamaan dan Perbedaan

Menyimpulkan
Membuat Induksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi
7.b Mengemukakan Kesimpulan Yang Masuk Akal/Diharapkan


Mengatur Strategi dan Taktik
Berinteraksi Dengan Orang Lain
12.d Mengemukakan Suatu Sikap Secara Lisan Atau Tulisan

Menyimpulkan
Membuat Induksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi
7.b Mengemukakan Kesimpulan Yang Masuk Akal/Diharapkan


Memberikan Penjelasan Sederhana.
Memfokuskan Pertanyaan.
1.b Mengidentifikasi atau Merumuskan Pertanyaan


Menyimpulkan
Membuat dan Mempertimbangkan Nilai Suatu Keputusan
8.c Penerapan Prinsip-Prinsip






Kegiatan Pendahuluan
·         Guru menggali pengetahuan awal siswa mengenai konsep asam, basa, dan indikator asam-basa dengan menanyakan:
a.        Definisi asam dan basa
b.        Dasar penggolongan dari asam dan basa
c.        Definisi garam
d.        Menyebutkan contoh-contoh garam
e.        Menjelaskan tentang garam
f.         Menjelaskan pengaruh penambahan sedikit asam dan sedikit basa ke dalam air yang bersifat netral
g.        Adakah larutan yang pH-nya tidak berubah jika ditambahkan sedikit asam atau sedikit basa

Kegiatan Inti
1.        Eksplorasi
Perhatikan bangunan di sekeliling kita! Mengapa bangunan tersebut dapat berdiri dan bertahan pada posisinya? Kalian pasti tahu, hal itu dikarenakan adanya tiang-tiang penahan yang menahan gedung agar tetap pada posisinya. Tiang-tiang itu berfungsi sebagai penahan atau dengan kata lain sebagai penyangga, sehingga gedung-gedung itu tetap berdiri dengan kokoh.
Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari perubahan pH dalam suatu sistem seringkali memberikan dampak yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, jika jus lemon ditambahkan ke dalam susu. Susu akan menggumpal karena terjadi perubahan pH. Maka diperlukan suatu sistem penyangga yang dapat mempertahankan pH, dengan menggunakan suatu larutan penyangga. Bagaimana kalian dapat membedakan antara larutan penyangga dengan larutan bukan penyangga?

·         Siswa mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan.
·         Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut siswa melakukan percobaan.
·         Siswa membentuk kelompok praktikum (4 orang perkelompok), dan siswa yang pandai disebar pada tiap kelompok. Agar diskusi berjalan efektif diharapkan semua anggota kelompok dapat aktif.
  • Guru memotivasi dan menarik perhatian siswa dengan menunjukkan alat dan bahan yang digunakan untuk membedakan larutan penyangga dan larutan bukan penyangga.
·         Siswa belajar dengan panduan LKS dan bimbingan guru.
·         Siswa bertanya tentang hal-hal yang kurang jelas berkaitan dengan praktikum yang akan dilakukan.
·         Siswa dihadapkan pada 5 macam larutan yang akan diukur pH-nya diamati dari perubahan warna yang terjadi pada indikator universal, dan diuji sifatnya dengan ditambahkan sedikit asam, sedikit basa, dan pengenceran.

  • Siswa diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan:
a.        Apakah semua larutan mampu mempertahankan pH larutannya?
b.       Jika tidak, larutan mana yang mampu mempertahankan pH larutannya?
c.        Larutan yang bagaimana pula yang tidak dapat mempertahankan pH larutannya?



·         Siswa melakukan penyelidikan awal dengan mengukur pH awal dari kelima larutan yang akan diuji.
·         Siswa melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan mengukur pH kelima larutan tersebut setelah ditambahkan sedikit asam, sedikit basa, dan pengenceran.
·         Siswa mengumpulkan data yang diperoleh selama praktikum dengan mencatatnya dalam tabel LKS dengan jujur dan sesuai dengan pengamatan (apa adanya).
·         Siswa melakukan diskusi dalam kelompok praktikumnya untuk menginterpretasikan data dan merumuskan penjelasan.
·         Siswa dapat mengajukan pertanyaan selama praktikum.
·         Guru menjawab pertanyaan siswa sesuai istilah yang dikemukakan oleh siswa. Bila siswa mengalami kesulitan, guru tidak langsung memberikan pengarahan, namun membuat pertanyaan perangsang yang mengarah pada tujuan percobaan.

2.        Penemuan Konsep
·         Siswa melakukan diskusi dalam kelompok praktikumnya untuk menginterpretasikan data dan merumuskan penjelasan.
·         Guru membimbing siswa mengkorelasikan penemuan-penemuan ke dalam suatu penjelasan pernyataan sebagaimana disampaikan dalam LKS.
·         Siswa membuat grafik pH terhadap setiap larutan yang diselidiki untuk menginterpretasikan data yang diperolehnya.
·         Siswa merumuskan penjelasan dari kecenderungan pola grafik yang ditemukannya.

·         Siswa menganalisis hasil temuan mereka dengan membandingkan harga pH larutan sebelum dan setelah penambahan sedikit asam, sedikit basa, dan pengenceran.



·         Siswa mengelompokkan larutan-larutan yang termasuk larutan penyangga dan larutan bukan penyangga.




·         Siswa membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukannya.







·         Setiap ketua kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil percobaannya di depan kelas.
·         Guru bersama-sama siswa menganalisis hasil temuan kelas dan memperkenalkan konsep larutan penyangga.



·         Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan pengertian larutan penyangga berdasarkan hasil pengukuran pH larutan penyangga dan larutan bukan penyangga.
·         Guru mempertegas kembali pengertian larutan penyangga yang telah disimpulkan oleh siswa.
Larutan penyangga adalah suatu larutan yang mampu mempertahankan (menyangga) pH sistem pada kisarannya apabila terjadi penambahan sedikit asam, penambahan sedikit basa, atau terjadi pengenceran.

·         Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan produktif terkait dengan hasil yang mereka dapatkan.




3.        Aplikasi
·         Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam LKS, yaitu memberikan lima contoh lain dari larutan penyangga selain yang telah ditemukan dari praktikum, dan memperkirakan bagaimana sifat larutan penyangga tersebut.


Kegiatan Penutup
·         Guru meninjau kembali seluruh proses pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Guru mengumumkan, bahwa siswa membuat laporan praktikum kelompok dengan tulis tangan dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
                           

No comments:

Post a Comment