Implikasi
pendekatan dan metode pendidikan IPA
Soal pilihan ganda
1. Terlaksananya
pendidikan IPA dengan baik dapat di tunjang dengan berbagai factor, kecuali…
a. Guru
b. Murid
c. Motivasi
d. Orang
tua
2. Nilai-nilai
luhur yang dapat di tanam melalui pendidikan IPA, kecuali….
a. Taat
bekerja
b. peduli
c. Jujur
d. Bertanggung
jawab
3. Seorang
guru harus menguasai bidang studi, mengikuti perkembangan, terampil merakit
alat, membimbing siswa dan sebagainya adalah….
a. Criteria
guru IPA yang baik
b. Criteria
guru IPA
c. Criteria
guru IPA yang bermutu dan professional
d. Criteria
guru
4. Seorang
guru IPA perlu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, karena….
a. IPA
sangat penting bagi masyarakat
b. Kebenaran
teori mungkin gugur setelah ditemukan fakta yang tidak mendukung teori tersebut
c. IPA
sangat penting bagi murid
d. Buku-buku
tentang IPA bertambah terus
5. Di
dalam membimbing murid, guru IPA harus….
a. Mengutamakan
yang pandai, agar selanjutnya dapat membimbing temannya
b. Mengutamakan
yang tidak pandai, agar dapat menyesuaikan dengan yang pandai
c. Bertindak
bijaksana terhadap murid yang pandai maupun yang kurang pandai
d. Memberi
tugas-tugas kepada murid yang kurang pandai untuk bahan pengayaan
6. Prinsip
kebermaknaan, atraktif, modeling dan sebagainya adalah termasuk factor…
a. Motivasi
b. Sarana
penunjang
c. Murid
dan bahan pelajaran
d. Guru
7. Harus
di mulai dari mana suatu pelajaran…
a. Hal-hal
khusus menuju kepada hal-hal yang bersifat umum
b. Hal-hal
yang di kenal oleh murid dalam lingkungannya sampai kepada hal-hal yang jauh
tak di kenal
c. Hal-hal
yang sudah di ketahui menuju kepada hal-hal yang belum di ketahui
d. Hal-hal
yang susah menuju kepada hal-hal yang mudah
8. Hal-hal
yang mendorong seseorang untuk belajar secara aktif, disebut….
a. Prinsip
b. Motivasi
c. Nilai
d. Cita-cita
9. Seorang
murid akan termotivasi untuk belajar secara aktif kalau ia menyadari bahwa apa
yang di pelajarinya sungguh-sungguh bermanfaat baginya.hal tersebut termasuk
dalam prinsip…
a. Prinsip
atraktif
b. Prinsip
kebermaknaan
c. Prinsip
penyebaran jadwal
d. Prinsip
modeling
10. Guru
merangsang siswa untuk berpikir sampai
menemukan sendiri prinsip, konsep dan hukum-hukum IPA, dan memberikan fasilitas
belajar, hal ini guru sebagai….
a. Media
pendidikan
b. Katalisator
dan fasilisator
c. pribadi
teladan
d. figure
panutan
11. Murid
akan semangat jika gurunya, kecuali….
a. menguasai
bidang studi yang di ajarkan
b. bersemangat
juga
c. memberikan
metode ceramah
d. mencintai
12. Ruang
Kelas, Laboratorium, peralatan dan bahan adalah termasuk dalam….
a. factor
guru
b. factor
murid dan bahan pelajaran
c. factor
motivasi
d. sarana
penunjang
13. Prinsip
ini akan sulit di laksanakan apalagi guru mempunyai beban mengajar yang terlalu
banyak. Prinsip yang di maksud adalah…
a. Prinsip
penyebaran jadwal
b. Prinsip
modeling
c. Prinsip
pre-rekuisit
d. Prisip
evaluasi hasil belajar secara teratur
14. Yang
termasuk factor guru adalah…
a. Mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan
b. Memperhatikan
dan membantu murid
c. Menjelaskan
tujuan setiap percobaan
d. Menyadari
bahwa siswa akan di didik menjadi seorang spesialis
15. peraturan-peraturan
yang harus di taati ketika berada di dalam laboratorium kecuali…
a. membuat
lelucon
b. di
larang mencicipi zat-zat kimia
c. alat
dan bahan tidak boleh di bawa keluar tanpa izin guru
d. alat-alat
harus di bersihkan dan di simpan
16. Mengapa
perlu di adakan perencanaan sebelum melakukan study-tour, agar….
a. terarah
dan berpengalaman
b. terarah
dan bermakna
c. bemakna
dan berpengalaman
d. berpengalaman
17. apa
perencanaan yang harus di pikirkan sebelum melakukan study-tour, kecuali…
a. Apakah kunjungan itu sesuai dengan pelajaran
disekolah
b. Apakah
kunjungan itu akan membangkitkan minat murid
c. Apakah
kunjungan itu akan menjadikan spesialis
d. Apakah
kunjungan itu sesuai tingkat kelas atau tingkat berpikir murid
18. keberhasilan
siswa di nilai dari sudut lain kegiatannya, yaitu …
a. Hasil
percobaan dan laporannya
b. Hasil
ujian tertulis
c. Hasil
belajar dan ujiannya
d. Hasil
ujian tertulis dan laporannya
19. Mengapa
laboratorium biologi dan kimia di jadikan satu, karena….
a. Sama-sama
mempelajari tentang IPA
b. Mempunyai
banyak persamaan
c. Bahan
yang di pergunakan sama
d. Alat
yang dipergunakan sama
20. Menyangkut
masalah apa saja tujuan yang terkandung tersirat secara implikasi…
a. Prinsip
dan nailai-nilai
b. Prinsip
dan sikap
c. Nilai
dan sikap
d. Kreasi
dan cita-cita
21. Pelajaran
harus ndimulai dari hal-hal khusus menuju kepada hal-hal yang bersifat umum.
Pendekatan yang di gunakan adalah….
a. Pendekatan
induktif
b. Pendekatan
deduktif
c. Pendekatan
persuasive
d. Pendekatan
inkuiri
22. Ada
murid yang rajin belajar Karena takut di hukum atau untuk mendapat hadiah. Hal ini termasuk….
a. Motivasi
lingkungan
b. Motivasi
atraktif
c. Motivasi
eksternal
d. Motivasi
internal
23. Ada
murid yang rajin belajar karena ingin menjadi yang terbaik di antara
teman-temannya. Hal ini termasuk motivasi….
a. Internal
b. Eksternal
c. Lingkungan
d. Atraktif
24. Pendidikan
IPA di samping mengajarkan dan menjelaskan fakta alamiah, juga mempunyai tujuan
menanamkan, kecuali….
a. Nilai-nilai
IPA
b. Prinsip-prinsip
IPA
c. Sikap-sikap
ilmiah
d. Mengembangkan
kreativitas anak didik
No comments:
Post a Comment