SOAL DASAR PENDIDIKAN Implikasi pendekatan dan metode pendidikan IPA - Articel Iftah Al-Muttaqin

Thursday, October 13, 2016

SOAL DASAR PENDIDIKAN Implikasi pendekatan dan metode pendidikan IPA



Implikasi pendekatan dan metode pendidikan IPA
Soal pilihan ganda
1.      Terlaksananya pendidikan IPA dengan baik dapat di tunjang dengan berbagai factor, kecuali…
a.       Guru
b.      Murid
c.       Motivasi
d.      Orang tua

2.      Nilai-nilai luhur yang dapat di tanam melalui pendidikan IPA, kecuali….
a.       Taat bekerja
b.      peduli
c.       Jujur
d.      Bertanggung jawab

3.      Seorang guru harus menguasai bidang studi, mengikuti perkembangan, terampil merakit alat, membimbing siswa dan sebagainya adalah….
a.       Criteria guru IPA yang baik
b.      Criteria guru IPA
c.       Criteria guru IPA yang bermutu dan professional
d.      Criteria guru

4.      Seorang guru IPA perlu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, karena….
a.       IPA sangat penting bagi masyarakat
b.      Kebenaran teori mungkin gugur setelah ditemukan fakta yang tidak mendukung teori tersebut
c.       IPA sangat penting bagi murid
d.      Buku-buku tentang IPA bertambah terus

5.      Di dalam membimbing murid, guru IPA harus….
a.       Mengutamakan yang pandai, agar selanjutnya dapat membimbing temannya
b.      Mengutamakan yang tidak pandai, agar dapat menyesuaikan dengan yang pandai
c.       Bertindak bijaksana terhadap murid yang pandai maupun yang kurang pandai
d.      Memberi tugas-tugas kepada murid yang kurang pandai untuk bahan pengayaan

6.      Prinsip kebermaknaan, atraktif, modeling dan sebagainya adalah termasuk factor…
a.       Motivasi
b.      Sarana penunjang
c.       Murid dan bahan pelajaran
d.      Guru

7.      Harus di mulai dari mana suatu pelajaran…
a.       Hal-hal khusus menuju kepada hal-hal yang bersifat umum
b.      Hal-hal yang di kenal oleh murid dalam lingkungannya sampai kepada hal-hal yang jauh tak di kenal
c.       Hal-hal yang sudah di ketahui menuju kepada hal-hal yang belum di ketahui
d.      Hal-hal yang susah menuju kepada hal-hal yang mudah

8.      Hal-hal yang mendorong seseorang untuk belajar secara aktif, disebut….
a.       Prinsip
b.      Motivasi
c.       Nilai
d.      Cita-cita

9.      Seorang murid akan termotivasi untuk belajar secara aktif kalau ia menyadari bahwa apa yang di pelajarinya sungguh-sungguh bermanfaat baginya.hal tersebut termasuk dalam prinsip…
a.       Prinsip atraktif
b.      Prinsip kebermaknaan
c.       Prinsip penyebaran jadwal
d.      Prinsip modeling

10.  Guru merangsang  siswa untuk berpikir sampai menemukan sendiri prinsip, konsep dan hukum-hukum IPA, dan memberikan fasilitas belajar, hal ini guru sebagai….
a.       Media pendidikan
b.      Katalisator dan fasilisator
c.       pribadi teladan
d.      figure panutan

11.  Murid akan semangat jika gurunya, kecuali….
a.       menguasai bidang studi yang di ajarkan
b.      bersemangat juga
c.       memberikan metode ceramah
d.      mencintai

12.  Ruang Kelas, Laboratorium, peralatan dan bahan adalah termasuk dalam….
a.       factor guru
b.      factor murid dan bahan pelajaran
c.       factor motivasi
d.      sarana penunjang

13.  Prinsip ini akan sulit di laksanakan apalagi guru mempunyai beban mengajar yang terlalu banyak. Prinsip yang di maksud adalah…
a.       Prinsip penyebaran jadwal
b.       Prinsip modeling
c.       Prinsip pre-rekuisit
d.       Prisip evaluasi hasil belajar secara teratur

14.  Yang termasuk factor guru adalah…
a.       Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
b.      Memperhatikan dan membantu murid
c.       Menjelaskan tujuan setiap percobaan
d.      Menyadari bahwa siswa akan di didik menjadi seorang spesialis

15.  peraturan-peraturan yang harus di taati ketika berada di dalam laboratorium kecuali…
a.       membuat lelucon
b.      di larang mencicipi zat-zat kimia
c.       alat dan bahan tidak boleh di bawa keluar tanpa izin guru
d.      alat-alat harus di bersihkan dan di simpan

16.  Mengapa perlu di adakan perencanaan sebelum melakukan study-tour, agar….
a.       terarah dan berpengalaman
b.      terarah dan bermakna
c.       bemakna dan berpengalaman
d.      berpengalaman
17.  apa perencanaan yang harus di pikirkan sebelum melakukan study-tour, kecuali…
a.        Apakah kunjungan itu sesuai dengan pelajaran disekolah
b.      Apakah kunjungan itu akan membangkitkan minat murid
c.       Apakah kunjungan itu akan menjadikan spesialis
d.      Apakah kunjungan itu sesuai tingkat kelas atau tingkat berpikir murid

18.  keberhasilan siswa di nilai dari sudut lain kegiatannya, yaitu …
a.       Hasil percobaan dan laporannya
b.      Hasil ujian tertulis
c.       Hasil belajar dan ujiannya
d.      Hasil ujian tertulis dan laporannya

19.  Mengapa laboratorium biologi dan kimia di jadikan satu, karena….
a.       Sama-sama mempelajari tentang IPA
b.      Mempunyai banyak persamaan
c.       Bahan yang di pergunakan sama
d.      Alat yang dipergunakan sama

20.  Menyangkut masalah apa saja tujuan yang terkandung tersirat secara implikasi…
a.       Prinsip dan nailai-nilai
b.      Prinsip dan sikap
c.       Nilai dan sikap
d.      Kreasi dan cita-cita

21.  Pelajaran harus ndimulai dari hal-hal khusus menuju kepada hal-hal yang bersifat umum. Pendekatan yang di gunakan adalah….
a.       Pendekatan induktif
b.      Pendekatan deduktif
c.       Pendekatan persuasive
d.      Pendekatan inkuiri
22.  Ada murid yang rajin belajar Karena takut di hukum atau untuk mendapat hadiah.  Hal ini termasuk….
a.       Motivasi lingkungan
b.      Motivasi atraktif
c.       Motivasi eksternal
d.      Motivasi internal
23.  Ada murid yang rajin belajar karena ingin menjadi yang terbaik di antara teman-temannya. Hal ini termasuk motivasi….
a.       Internal
b.      Eksternal
c.       Lingkungan
d.      Atraktif
24.  Pendidikan IPA di samping mengajarkan dan menjelaskan fakta alamiah, juga mempunyai tujuan menanamkan, kecuali….
a.       Nilai-nilai IPA
b.      Prinsip-prinsip IPA
c.       Sikap-sikap ilmiah
d.      Mengembangkan kreativitas anak didik

No comments:

Post a Comment